[131013] Sandal

“Eh, ini sandalku ya. tolong jagakan,” kata anak laki-laki yang berperawakan tinggi, tapi tidak kurus di hari yang panas itu. Dia berlari meninggalkan sandalnya di bawah meja warung makan berpasir putih itu. entah anak laki-laki itu berbicara dengan siapa.
mungkin bukan denganku. pikirku waktu itu. karena matanya, sama sekali tidak melihat ke arahku.
Kulihat sandal miliknya. bagus, bermerk. pasti harganya lebih dari harga sandal biasa.
walaupun kata-kata anak laki-laki itu tidak ditujukan ke arahku, aku tetap mengawasi sandalnya. terinjak-injak di bawah sana oleh orang-orang yang baru berdatangan.
Teman-teman yang lain mulai meninggalkan warung itu.
terus, sandal itu bagaimana?
“eh, itu sandalnya anak itu ya,” pesanku, ketika seorang teman menarikku pergi dari dekat sandal itu. kulihat orang yang banyak berdatangan itu, melirik sandal itu. sebentar lagi, pasti hilang jika tidak kubawa. karena firasatku mengatakan, tidak akan ada seorangpun yang akan membawakannya untuk anak itu.
walau begitu, entah apa yang akhirnya membuatku tidak membawa sandal itu. tapi ketika anak itu mengatakan sandalnya hilang, membuatku sangat menyesal dan merasa bersalah.
aku melihat wajah anak itu. seakan bisa kubaca yang tertulis dalam pikirannya, yang mungkin tertuju padaku, “Padahal dia tahu itu sandalku, tapi dia gak membawanya untukku,” tapi cepat-cepat kualihkan pikiranku. itu bukan salahku, karena dia tidak berkata langsung padaku untuk menjaga sandalnya.
Tapi, jelas sekali, sikapku hari itu, tidak lain adalah masa bodo. padahal itu sandal milik temanku sendiri. dan aku meninggalkannya demi alasan yang tidak logis. mengerikan. bahkan sampai sekarang, rasa bersalah itu masih ada di sudut hatiku.
Maafkan aku, ya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s